Bagaimana Cara Pesan ?

1 Hubungi Kami atau Datang Langsung.
2 Konsultasi dan Design Project.
3 Produksi, Pembayaran dan Implementasi

Jika masih belum jelas, dapat mengirimkan pertanyaan via e-mail ke microdataindonesia@gmail.com

JAM BUKA

Senin - Selasa 8:30AM - 6:00AM
Sabtu - Minggu 9:00AM - 5:00PM

Telp: 08118880853

apa yang dimaksud Teknologi Transportasi

by / 10 Agu 2020 / Published in teknologi
Post Image

apa yang dimaksud Teknologi Transportasi

 

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, semakin banyak perkembangan yang terjadi di dalam dunia ini yang semakin lama semakin maju dan canggih.

Apalagi di era globalisasi ini, segala sesuatu yang kita butuhkan bisa diakses secara mudah. Salah satu contohnya yaitu perkembangan teknologi transportasi yang semakin pesat. Teknologi sendiri telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk lebih hidup nyaman, lebih makmur dan sejahtera.

Lalu bicara tentang era globalisasi, perkembangan teknologi transportasi sendiri dimulai dari awal masa revolusi industri seperti penemuan mesin uap dan jalur kereta api yang memungkinkan transportasi darat untuk bergerak secara mandiri tanpa tenaga manusia maupun binatang atau hewan.

Dan hal ini pun mengakibatkan adanya perkembangan kecepatan dan kapasitas transportasi. Lalu ada juga adanya perkembangan mesin bakar dan automobile pada tahun 1990-an, yang mengakibatkan teknologi transportasi darat pun semakin maju. Dan jalan raya modern yang pertama kemudian dibangun pada abad ke 19.

Teknologi transportasi zaman dulu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara digendong, dipikul maupun didorong. Setelah itu berkembang lagi menggunakan tenaga hewan seperti kuda, keledai, dan juga gajah. Lalu ada juga transportasi air yang menggunakan tenaga alam dan juga angin misalnya perahu layar, sedangkan yang menggunakan tenaga manusia seperti rakit dan perahu dayung.

Sedangkan teknologi transportasi masa kini, telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat baik transportasi darat, air maupun udara. Sarana dan prasarananya juga semakin lengkap dan baik. Sarana teknologi transportasi adalah yang berupa alat angkutan seperti mobil, kereta api, kapal dan pesawat terbang.

Sedangkan prasarana teknologi transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain, jalan, jembatan, terminal, stasiun,lapangan terbang dan juga pelabuhan.

Teknologi transportasi

Teknologi transportasi adalah sebuah teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia ataupun mesin, lalu transportasi sendiri digunakan dan diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Istilah teknologi sendiri berasal dari kata ‘techne’ yang artinya cara dan juga kata ‘logos’ yang artinya pengetahuan. Jadi, secara harfiah kata teknologi berarti pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra dan juga otak manusia.

Peranan transportasi sangat penting bagi manusia untuk saling membantu dan menghubungkan daerah sumber baku, daerah produksi, daerah pemasaran dan juga pemukiman sebagai daerah tempat tinggal.

Menurut Jaques Ellul pada abad 25 tahun 1967 memberikan arti bahwa teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri yang efisien dalam setiap kegiatan manusia.

Perkembangan transportasi sebelum zaman industrialisasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah dalam memindahkan suatu barang. Lalu ada juga penemuan kapal pertama yang sekali dikembangkan. Dan pada abad 2000 sebelum masehi, terdapat penemuan kuda yang digunakan oleh manusia sebagai tunjangan dalam mengantarkan barang pada masanya.

Lalu ada juga penemuan sepatu kuda, rancangan pesawat terbang, pembuatan kapal selam yang dilakukan oleh Cornelis Drebbel, penciptaan bus angkutan umum, penemuan mobil yang digerakkan oleh mesin uap, dan juga penemuan sepeda untuk yang pertama kali. Dan pada perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi juga berjalan sangat cepat, dimulai dari penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin yang ada pembakaran di dalamnya.

Setelah itu, ada juga penemuan yang sangat mempengaruhi teknologi transportasi adalah dikembangkannya mesin turbin gas menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Dan di transportasi laut penemuan yang spektakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nuklir yang digunakan di kapal selam.

Permasalahan-permasalahan yang kemudian timbul di era industrialisasi adalah jumlah penggunaan energi yang luar biasa dimana hampir seluruh angkutan menggunakan energi fosil. Pembakaran energi fosil pada alat transportasi modern, akan mengeluarkan gas emisi dimana sebagian besar dari gas tersebut berupa gas rumah kaca yang bisa mengakibatkan pemanasan global.

Oleh karena itu, belakangan ini diupayakan untuk mencari energi alternatif yang tidak mencemari lingkungan dan mengalihkannya ke transportasi yang ramah lingkungan.

 

Tagged under:
TOP