Bagaimana Cara Pesan ?

1 Hubungi Kami atau Datang Langsung.
2 Konsultasi dan Design Project.
3 Produksi, Pembayaran dan Implementasi

Jika masih belum jelas, dapat mengirimkan pertanyaan via e-mail ke microdataindonesia@gmail.com

JAM BUKA

Senin - Selasa 8:30AM - 6:00AM
Sabtu - Minggu 9:00AM - 5:00PM

Telp: 08118880853

Profesi Developer dan Peluang Kariernya???

by / 07 Agu 2020 / Published in teknologi
Post Image

  • Pengertian Developer
    Developer adalah seseorang yang bertugas mewujudkan desain sebuah produk atau layanan, biasanya berupa software (perangkat Lunak) seperti website.Developer membuat produk dengan cara menulis baris-baris kode yang rumit dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton, HTML, JavaScrib, PHP dan lain sebagainya. Seorang developer harus melakukan seluruh pekerjaannya dengan prinsip-prinsip implementasi perangkat lunak/ website termasuk maintainability, skalabilitas, ketahanan, kinerja, keamanan dan desain. Untuk bisa menjadi seorang developer yang handal, seseorang harus memiliki pemahaman tentang berbagai bahasa pemrograman dan mengetahui bagaimana cara kerjanya. 

    Beberapa developer biasanya juga memiliki spesialisasi khusus. Karena itu sebuah proyek besar biasanya dibuat melalui kolaborasi antara beberapa developer yang berbeda. 
    Berdasarkan spesialiasi dan tugasnya, developer dibagi menjadi 3 macam yakni sebagai berikut:
    • Front-end Developer
      Front-end developer adalah seseorang yang bertugas menerjemahkan konsep produk ke dalam kode-kode dan bahasa pemrograman tertentu dan mengimplementasikan nya. Seorang front-end Developer setidaknya harus memahami bahasa pemrograman yang utama yaitu, HTMLCSS dan JavaScript dan lain sebagainyaFront-end Developer harus memastikan bahwa produk yang akan dibuat tampak bagus, berfungsi dengan baik, menarik dan berisi konten yang benar. 
    • Back-end Developer
      Back-end Developer juga memiliki pekerjaan yang tidak kalah menantang. Pekerjaan mereka berhubungan dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan server. Mereka harus membuat kode dan programan yang mendukung sebuah software atau server situs, ini termasuk membuat database dan aplikasi penyertanya. Salah satu tugas seorang Back-end Developer adalah memastikan situs memiliki kecepatan mencukupi agar SEO (Search Engine Optimization) dapat berfungsi dengan optimal.
    • Full-stack Developer
      Jika kamu hanya ingin tahu tugas Developer secara umum, maka full-stack Developer adalah jawabannya. Seorang Full-stack Developer harus memahami dan mampu melakukan tugas Front-end Developer hingga Back-end Developer.Artinya, mereka bisa melakukan semua hal sekaligus. Full-stack Developer banyak dicari untuk membuat produk yang tidak membutuhkan anggaran besar dalam pembuatannya.

  • Kualifikasi Seorang Developer
    Sebelum kamu bisa melakukan tugas seorang developer, ada beberapa skill atau kualifikasi yang harus dimiliki. Di antaranya adalah:
    • Memahami Bahasa Pemrograman
      Bahasa pemrograman merupakan kunci terpenting yang harus dimiliki oleh seorang developer. Ada 3 bahasa pemrograman yang paling umum digunakan oleh seorang developer yakni HTML, CSS dan JavaScript. 
      HTML adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat situs dan aplikasi. Kamu akan menggunakannya untuk membuat struktur halaman. CSS digunakan untuk mendeskripsikan presentasi visual dari halaman-halaman tersebut, termasuk warna, font, dan layout-nya.Adapun JavaScript digunakan untuk membuat halaman-halaman tersebut tampil interaktif. 
      Meskipun masih banyak lagi bahasa pemrograman yang ada, namun HTML, CSS dan JavaScript adalah yang paling berguna untuk seorang
       developer pemula.
    • Libraries dan Frameworks: Bootstrap dan jQuery
      Setelah menguasai bahasa dasar, kamu bisa menggunakan library dan frameworks yang pada dasarnya dibuat untuk menyederhanakan dan mempercepat pekerjaanmu dengan HTML, CSS dan JavaScript. 
      Ada banyak contoh
       library dan frameworks yang digunakan oleh para web developer tetapi Bootsrap dan jQuery adalah yang paling populer. Memahami keduanya akan memberikan keuntungan yang besar untuk kariermu sebagai web developer.
    • Git dan Github
      Git merupakan sistem kontrol versi yang memungkinkanmu melacak semua perubahan pada kode yang sudah dibuat. Sementara itu GitHub adalah layanan hosting untuk menyimpan repositori Git-mu. GitHub memungkinkan banyak developer yang bekerja dalam tim untuk melakukan proyek kolaborasi
    • Software Desain dan Photoshop (Opsional)
      Baik software desain maupun Photoshop sebenarnya merupakan dua perangkat yang digunakan oleh seorang desainer, bukan developer.Namun tidak ada salahnya kalau kamu juga menguasai keduanya. Apalagi jika kamu berencana menjadi seorang freelancer.Dua skill ini akan menambah nilai plus dalam portofoliomu.

  • Peluang Karier Developer

    Dengan semakin tingginya konsumsi internet di Indonesia, developer adalah profesi yang semakin banyak dicari. Banyak perusahaan berbasis online. Artinya, banyak juga tenaga web developer yang dibutuhkan untuk mengembangkan situs.Selain itu, pertumbuhan Start up atau perusahaan berbasis online yang semakin marak memerlukan tenaga developer untuk membangun software (perangkat lunak) atau aplikasi mereka sendiri. Tentunya memberikan kesempatan emas untuk profesi developer.


    sampai disini dulu, semoga apa yang dibahas diatas bisa di pahami dan bermanfaat bagi kalian semua, terimakasih....



Tagged under:
TOP