Bagaimana Cara Pesan ?

1 Hubungi Kami atau Datang Langsung.
2 Konsultasi dan Design Project.
3 Produksi, Pembayaran dan Implementasi

Jika masih belum jelas, dapat mengirimkan pertanyaan via e-mail ke microdataindonesia@gmail.com

JAM BUKA

Senin - Selasa 8:30AM - 6:00AM
Sabtu - Minggu 9:00AM - 5:00PM

Telp: 08118880853

6 cara membersihkan keyboard yang macet

by / 28 Jul 2020 / Published in teknologi
Post Image

6 cara membersihkan keyboard yang macet

Keyboard merupakan perangkat keras yang pling berperan penting dalam kumputer atau laptop. Fungsi keybord sendiri adalah  untuk memasukan berbagai perintah ke dalam CPU sehingga hasilnya bisa dilihat pada monitor. Tetai karna keyboard sering dipakai tidak jarang masalah datang. Salah satu masalahnya yaitu tombol macet. Maksud dari macet disini yaitu tidak memunculkan huruf yang diinginkan ketika menekan tombol. Disini saya akan memberikan solusinya…..

1.      Membalikan keyboard

Disini membelikan keyboard dimaksudkan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan atau debu yang tertinggal dikeyboard saat digunakanan. Pastikan laptop dalam keadaan mati, setelah itu coba anda memulai mengetik.

2.      Menggunakan alat pembersih

Alat pembersih yang dimaksud disini yaitu seperti kemoceng yang halus, atau alat-alat yang bahanya halus agar tidak merusak permukaan keyboard

3.      Menggunakan vacumm Cleaner mini

Saat ini telah ada sebuah alat yang dapat membersihkan berbagai macam kotoran di sekitar keyboard laptop. Hal ini tentunya sangat praktis dan dari sisi harganya pun cukup ekonomis. Vacum Cleaner mini tersebut memang dirancang untuk membersihkan keyboard pada laptop maupun netbook.c ara pengerjaanya pun cukup mudah. Tidak seperti poin sebelumnya yang harus membalikan laptop atau laptop dalam keadaan mati. Pada bagian ini, laptop dapa dihidupkan seperti biasa. Setelah itu tancapkan kabel vacuum cleaner pada port usb di laptop. jika anda mempunyai power bank, kamu juga bisa menggunakannya sebagai sumber daya. Setelah itu, nyalakan tombol “On” dan vacum cleaner mini siap digunakan. Arahkan vacuum cleaner pada bagian tombol keyboard yang mengalami kemacetan.

4.      Mengunakan hair dryer

jika menggunakan vacuum cleaner mini masih kurang efektif, maka kamu bisa mencoba gunakan cara lain, yakni menggunakan hair dryer. Alat yang sejatinya digunakan untuk mengeringkan rambut ini bisa menjadi opsi tambahan untuk membersihkan keyboard laptop. Akan tetapi, untuk penggunaan hair dryer tidak boleh terlalu lama pada laptop. sebab, hawa panas yang dihasilkan hair dryer dapat merusak  komponen laptop. Untuk cara melakukannya, pastikan laptop dalam keadaan mati dan posisinya dalam keadaan terbalik. Setelah itu, nyalakan hair dyer dan arahkan pada keyboard. Otomatis berbagai kotoran akan keluar dari sela-sela keyboard. Usahakan tidak terlalu lama dalam menggunakan hair dryer.

5.      Membuka keyboard laptop

Cara berikutnya adalah dengan membuka keyboard laptop jika kamu sudah mahir dalam membongkar laptop. membongkar keyboard laptop perlu keahlian khusus. Sebab jika salah dalam membongkarnya, maka bukan tidak mungkin akan ada bagian yang tidak bisa berjalan semestinya.Untuk cara membuka keyboard laptop, pertama pastikan laptop dalam keadaan mati. Setelah itu copot bagian baterainya. Lepaskan baut yang menutup bagian RAM komputer dengan menggunakan obeng. Jika sudah, lepaskan baut bagian pengunci keyboardnya menggunakan obeng berbentuk plus (+). Setelah dibuka, putar balik laptopnya.Lepaskanlah bagian klip pengunci keyboard yang letaknya pada bagian atas keyboard. Jika kamu susah membukanya, gunakanlah pinset. Setelah klipnya terlepas, maka keyboard dapat diangkat dengan mudah. Pada bagian ini kamu harus hati-hati. Di sinilah kamu dapat membersihkan kotorannya.

6.Mencongkel tombol keyboard

Jika cara sebelumnya terlalu riskan dilakukan, maka kamu bisa mencoba cara yang terakhir. Tidak seperti poin sebelumnya yang harus membongkar semua keyboard. Cara yang satu ini hanya membuka satu tombol saja yang dianggap mengalami kemacetan.Untuk cara yang satu ini, pertama laptop harus dalam keadaan mati. Congkel tombol keyboard yang kamu anggap bermasalah dengan menggunakan kuku atau benda keras lainnya. Usahakan kamu harus hati-hati agar komponennya tidak mengalami kerusakan atau patah. jika sudah dicongkel, gunakan pompa atau ditiup agar kotorannya dapat terangkat. Setelah itu, kuas atau alat brush make up bekas untuk membersihkan bagian dalamnya. Setelah kotorannya sudah terangkat, masukan kembali tombol keyboardnya. Tekanlah sampai muncul suara “klik”. Jika sudah, pekerjaan telah selesai.

 

Tagged under:
TOP