Bagaimana Cara Pesan ?

1 Hubungi Kami atau Datang Langsung.
2 Konsultasi dan Design Project.
3 Produksi, Pembayaran dan Implementasi

Jika masih belum jelas, dapat mengirimkan pertanyaan via e-mail ke microdataindonesia@gmail.com

JAM BUKA

Senin - Selasa 8:30AM - 6:00AM
Sabtu - Minggu 9:00AM - 5:00PM

Telp: 08118880853

Jenis-jenis Developer

by / 01 Jul 2019 / Published in teknologi
Post Image

Dalam proses pembuatan software atau perangkat lunak tentu terdapat seorang pengembang atau developer. pada dasarnya developer terdapat tiga jenis developer ini masing-masing disebut  front-end developer, back-end developer, dan full-stack developer

berikut penjelasan istilah masing-masing di atas : 


front- end

  yang menjadi bagian front-end adalah tampilan yang dapat dilihat User.user juga bisa berinterkasi pada bagian ini .bagian ini juga disebut "sisi client" karena melibatkan semua hal yang terjadi pada device client.

bagian ini dibangun menggunakan HTML,CSS,dan JavaScript



Back-End

adalah bagian belakang layar dari sebuah website.  yang menjadi bagian back-end ialah server,database,dan aplikasi. Bahasa pemograman untuk back-end development diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.

Untuk membangun sebuah website yang berjalan dengan baik, back-end developer biasanya bekerjasama dengan front-end developer.



Full-Stack

Full-stack developer bekerja pada bagian front-end dan back-end. Mereka menguasai HTML, CSS, JavaScript, dan satu atau lebih bahasa pemograman back-end.

Tetapi, menjadi full-stack developer bukan berarti  harus mengerjakan keseluruhan kode baik front-end atau back-end . Kebanyakan full stack developer tetap menghabiskan waktunya pada satu bagian programming saja. Namun, kelebihan dari full-stack developer adalah mereka bisa melakukan analisa masalah pada kedua bagian programming. Ada juga beberapa full-stack developer yang mengerjakan semuanya sendiri, biasanya ini terjadi jika mereka freelance atau satu-satunya developer yang berkerja pada sebuah project.


Tagged under:
TOP